Baca Berita

PENYULUHAN / SOSIALISASI P4GN

Oleh : pdsklod | 18 Desember 2017 | Dibaca : 106 Pengunjung

Di bawah ini merupakan istilah-istilah yang berkaitan dengan NARKOBA :
 
Narkoba adalah akronim/singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Badan Adiktif lainnya atau dapat pula menjadi Narkotika dan Bahan Berbahaya lainnya. Setahu saya istilah ini menjadi kata yang specifik/trademark dipakai oleh keluarga besar Badan Narkotika Nasional, dibanding instansi/kementrian lainnya.
 
Napza adalah akronim/singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya. Sebaliknya istilah ini banyak dipakai oleh Kementrian Kesehatan. Jadi dari istilah yang dipakai saja kita sebenarnya bisa menebak dari lembaga atau instansi mana mereka berasal/bekerja.
 
Narkotika ialah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.
 
Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika yang berkhasiat psikotropika melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.
 
Zat adiktif ialah bahan yang penyalahgunaannya dapat menimbulkan ketergantungan psikis.
 
Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, mulai dari kegiatan pemberantasan antara lain melalui pengungkapan jaringan penyelundupan narkotika dan pengungkapan pabrik gelap narkotika, kegiatan pencegahan antara melalui kampanye nasional program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), serta kegiatan rehabilitasi.
 
Untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, hari ini, Rabu, 19 November 2014, Badan POM dan BNN menandatangani nota kesepahaman sebagai landasan kerja sama yang sinergis mengenai pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika.
 
Melalui nota kesepahaman ini, Badan POM dan BNN sepakat melakukan pertukaran informasi terkait pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika, dan prekursor narkotika; penyusunan ketentuan hukum dan/atau pedoman terkait peredaran bahan psikoaktif baru; peningkatan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan; pemeriksaan tes/uji narkoba; serta pelaksanaan sosialisasi program wajib lapor dan rehabilitasi bagi pecandu, penyalah guna dan korban penyalahgunaan narkotika dan prekursor narkotika. Di samping itu juga dilakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat melalui diseminasi informasi dan advokasi tentang pencegahan dan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika.
 
Bahaya mengomsumsi NARKOBA :
 
Bahaya narkoba tidak hanya berdampak pada fisik saja melainkan berdampak buruk juga pada kesehatan dan kelangsungan hidup. Selain merusak masa depan, narkoba dapat merenggut nyawa seseorang. Jika pemakai narkoba dari fisiknya terlihat kurus, pucat, mual-mual, dan lain-lain. Bahaya lain yang bisa dialami oleh pemakai narkoba diantaranya:
Hilang kesadaran
Seseorang yang mengkonsumsi narkoba akan mengalami hilang kesadaran atau biasa disebut dengan istilah depresan. Ketikaseseorang mengkonsumsi narkoba maka setelah itu dia akan merasa lesu, pusing, dan tertidur. Namun, bukan tertidur pulas seperti orang tidur pada umumnya melainkan mabuk. Ketika seseorang mabuk tentu tidak akan sadar dengan apa yang dia lakukan sehingga sering sekali terjadi tabrakan motor dan mobil karena supir mabuk berat.
Berhalusinasi
Selain hilang kesadaran bahaya lainnya yaitu mengalami halusinasi. Akibat tidak sadarkan diri maka pemakai narkobapun bisa melihat sesuatu yang orang lain tidak melihatnya tanpa disengaja membayangkannya. Halusinasi bisa berbentuk visual (objek, bayangan seseorang, dan lain-lain) dan suara (music, nama dipanggil orang lain, dan lain sebagainya.Contoh, ketika pemakai narkoba berhalusinasi mendengar suara musik yang kencang, tentu dia akan berjoget-joget mengikuti alunan musik meskipun sebenarnya suara music tidak ada.
Terkena penyakit mematikan
Orang yang mengkonsumsi narkoba secara terus-menerus akan terkena berbagai penyakit yang mematikan. Mengapa? Karena di dalam narkoba terdapat zat Synthetic Cannabinoids, Synthetic Cathinones, methylone, dan lain sebagainya yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Zat tersebut akan menyerang beberapa organ tubuh dan lama-lamasistem saraf akan rusak dan dapat menyebabkan kematian.
Kecanduan
Pemakai narkoba bisa kecanduan jika sudah terbiasa mengkonsumsi narkoba, akibatnya mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkan uang dan bisa membeli narkoba. Contohnya, mencuri, berbohong kepada orang tua, menjual barang berharga sampai habis, dan lain sebagainya. jika pemakai tidak bisa mengkonsumsi narkoba tentu dia akan mengalami sakaw.
Sebagai tambahan jika Anda sudah mengkonsumsi narkoba dan ingin berhenti Anda bisa mengikuti rehabilitas. Jika Anda sudah tahu apa saja hal yang bisa membahayakan diri seperti yang sudah dijelaskan di atas karena menggunakan narkoba. Sebaiknya Anda tidak berpikir untuk menggunakannya. banyak jenis narkoba yang masuk ke Indonesia, kita harus jeli mengawasi anak-anak dan mawas diri agar tidak menyesal di kemudian hari.
 
Penyuluhan / Sosialisasi P4GN yang berlangsung pada hari minggu, 17 desember 2017 di kantor desa padangsambian kelod. Semoga bermanfaat untuk kita semua untuk lebih dalam mengetahui tentang Narkotika yang sangat membahayakan.
 
 
 
 
https://denpasarkota.go.id/d3np4s4r/subd0m41n/index.php
https://www.instagram.com/padangsambianklod
desapadangsambianklod@yahoo.com
Pewarta : Ayuwisnu
Editor : Ayuwsinu
Publisher : Ayuwisnu
Sumber : Desa Padangsambian Klod
Share Berita ini#beritapenting#bermanfaat#desapadangsambianklod#Penyuluhan P4GN#semoga bermanfaat
 


Oleh : pdsklod | 18 Desember 2017 | Dibaca : 106 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
I MADE SUTARKA
Video
Baleganjur 2018
Facebook
Twitter